Monday, 21 May 2018

Mengatasi Body Getar pada Motor Bebek Honda Supra X 125.


Selamat pagi brosis,
Salam Adventure

      Sahurr sahurr . . . sahurr sahur. . . Sudah sahur brosis? Jam sudah menunjukkan jam 04.00 nih ayoo cepet. Alhamdulilah tidak terasa sudah masuh puasa hari ke 6 ya. Kali ini saya ingin berbagi tips bagaimana menghilangkan suara body pada motor bebek khususnya honda yang biasanya bergetar atau kalau saya bilang “Gembrodak”. Harus di akui memang inilah salah satu kelemahan dari kebanyakan produk motor honda khususnya varian Bebek ( Revo, Blade, Supra ) dimana Body Getar ketika motor habis di buka cover2nya. Dan harus di akui juga yamaha memang lebih solid dalam pemasangan body kendaraan, baut2 yang sangat banyak membuat body tidak mudah getar, memang diantara dua pilihan yang sulit ketika pabrikan mengingikan kepraktisan untuk konsumennya. Baut yang tidak banyak dan lebih ke clip membuat konsumen mudah ketika bongkar pasang, tetapi resiko Body getar juga akan semakin tinggi brosis.





       Begitu juga yang terjadi pada Honda Supra X milik saya brosis, motor langsiran 2016 ini sudah menunjukkan gejala-gejala dan di beberapa bagian sudah bunyi, ketika jalan tidak rata “Grodak grodak” seperti mau buyar satu persatu ketika kecepatan tinggi dan jalan tidak rata. Hehe. . . Bersamaan saat mengganti lampu senja yang mati sekalian bongkar motor dan cari cara bagaimana agar bunyi pada cover – cover body ini bisa di atasi brosis. 





     Menurut saya ketika Getar itu terjadi berarti ada gesekan antara 2 sisi yang tidak rapat karena kurangnya baut atau memang desain body longgar. Akhirnya saya coba beli Dobel Tape Busa borsis, kemudian saya rekatkan sisi-sisi yang akan menempel pada sisi body lainnya. Sehingga saat di pasang akan lebih solid dan rapat dan benar setelah saya pasang kembali dan saya test drive Getar Pada body motor sudah berkurang karena busa dobel tape bisa meredam gesekan dan merapatkan antar sisi Cover Body. Monggo dicoba brosis.

Semoga bermanfaat, Salam Sukses
Selamat Jalan- jalan

No comments:

Post a comment

Tinggalkan komentar brosis