Tuesday 28 June 2022

Mengenal Berbagai Jenis Sistem Pengunci Helm dan Yang mana yang pas buat harian?

 Selamat Pagi Teman2

Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kita semua selalu dalam kondisi sehat dan selalu dapat bersyukur. Saat kita berkendara menggunakan sepeda motor helm merupakan kelengkapan wajib untuk kita pakai selain jaket dan juga sarung tangan. Selain agar kita tidak ditilang karena melanggar aturan lalulintas, kewajiban memakai helm SNI adalah cara untuk mengurangi resiko benturan di kepala karena kecelakaan. 


Seperti layaknya Hoby Motor yang berkembang dengan modifikasi, koleksi dan komunitasnya, dunia perhelman juga berkembang tidak hanya soal perlindungan kepala saat berkendara. Helm juga memiliki penggemar, modifikasi dan juga kolektornya. Hehe.

Helm juga berkembang dari mulai model, motif,merk, dan juga part2nya yang beragam. Nah artikel kali ini kita akan membahas tentang macam macam Sistem tali pengunci pada Helm yang ada di pasaran saat ini. Semakin berkembangnya dunia Helm dan banyaknya penggemar helm menjadikan helm tidak hanya perlengkapan berkendara tetapi juga Hoby yang memiliki nilai tersendiri. Hal ini juga mendorong pabrikan helm melakukan inovasi inovasi di berbagai sisi, baik dari segi keamanannya maupun tampilannya. Sistem pengunci atau tali adalah salah satu piranti yang sangat penting di dunia per Helman. Lalu apa saja sistem pengunci atau tali helm yang saat ini ada dan beredar di Indonesia? Simak ya









1. Quick Release Buckle (Model Klik)

Sistem pengunci yang banyak dijumpai di Helm saat ini bahkan helm hadiah saat kita beli motor baru. Quick Release Buckle juga sering disebut sistem pengunci  Model Klik karena bunyinya yang saat dipasang berbunyi “Klik”. Merupakan pengunci yang cukup aman dan mudah untuk helm harian dan half face










2. Micro Lock

Selain model klik sistem pengunci yang saat ini sering dipakai adalah microlock. Cara kerjanya juga sederhana dan mudah tinggal memasukkan sisi yang panjang dan bergerigi ke rumah kuncinya kemudian untuk melepasnya tinggal ditarik talinya yang biasanya berwarna merah. Sistem pengunci ini banyak di pakai di helm halfface dan juga fullface. Untuk keperluan harian sistem pengunci ini sudah cukup aman dan mudah di gunakan.










3. Double D Ring

Yang terakhir adalah Double D Ring atau biasa disebut DDRing. Sistem pengunci ini merupakan sistem simpul dari tali dan 2 ring model D kemudian diakhiri dengan kancing setelah simpul tali terikat. Tipe pengunci ini di claim paling aman untuk saat ini. Jadi tidak heran sistem ini juga dipakai di dunia balap, tetapi untuk dipakai  harian sedikit lebih ribet.





Nah itu tadi pembahasan kita untuk sistem tali pengunci di Helm yang saat ini ada di Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita semua. Untuk review helm jangan lupa subscribe channel yt pakgetmedia ya.

Terima Kasih

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar brosis