Tuesday, 19 February 2019

Memperbaiki Wiper Belakang ( rear wiper ) Mobil Honda Jazz GD3 yang tidak berfungsi

Selamat Pagi brosis
Salam Adventure,

          Memastikan semua fitur kendaraan berfungsi normal adalah suatu keharusan jika kita akan berpergian atau mengendarai kendaraan tersebut. Karena ini akan mempengaruhi kenyamanan kita saat dalam perjalanan. Pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit pengalaman saya tentang bagaimana memperbaiki wiper belakang yang macet atau tidak berfungsi. Artikel ini berdasarkan pengalaman saya ketika memakai Mobil Honda Jazz GD3 dan wiper tidak mau hidup pas hujan deras-derasnya, walaupun yang tidak nyala adalah wiper belakang tetapi ini juga sangat mengganggu ketika kita akan melihat ke belakang dan kaca belakang tertutup percikan air brosis.
 


             Langsung saja karena dari awakl ingin memperbaiki sendiri saya Googling dulu nih brosis apa saja yang biasanya menjadi penyebab wiper tidak menyala, dari hasil googling tersebut dapatlah saya 3 kemungkinan yang sering terjadi. Akhirnya saya putuskan untuk memeriksanya satu persatu dan penjelasannya ada di bawah ya brosis.




·         Sekring Wiper Putus
Penyebab yang sering terjadi ketika Wiper Belakang tidak mau menyala dikarenakan Sekring putus brosis. Untuk Honda Jazz GD3 kotak sekring berada di bawah kemudi, tinggal di tarik untuk membukanya brosis. Tidak usah khawatir kebingungan mencari mana yang sekring wiper brosis karena ada kode diagram nya pada tutup panel sekring. Untuk Honda Jazz ini sekring wiper terletak pada Nomor 6 dengan ukuran 20A untuk wiper Depan dan Nomor 12 dengan ukuran 10A untuk Wiper Belakang. Dari kedua Sekring ini setelah saya cek  ternyata tidak ada yang putus brosis, jadi kita langsung menuju TKP yang ke 2. Huehehe . . .




·         Kabel Soket Wiper Longgar
Untuk yang kedua ini saya langsung menuju pintu bagasi brosis, untuk melihat kabel soket wiper belakang, karena sekring aman seharusnya arus dari depan ke belakang juga aman, saya curiga mungkin soketnya longgar atau tidak pas. Dan benar saja setelah Cover Pintu belakang saya buka kemudian saya telusuri jalur wipernya ternyata Soket ke Motornya Longgar brosis. Sehingga arus tidak bisa menyalakan motor wiper. Dan setelah Saya kencangkan Wiper kembali menyala dengan baik.


·         Motor Wiper Rusak
Walaupun penyebabnya sudah ketemu yaitu Kabel soket yang longgar, tetapi saya akan menjelaskan kemungkinan ke 3 yang menyebabkan wiper tidak nyala kalau sekring dan kabel dalam kondisi baik-baik saja. Kemungkinan itu adalah motornya yang rusak walaupun menurut saya kemungkinan ini sangat kecil terjadi karena biasanya build quality motor yang bagus.

       Sekian Tips dan trik kali ini ya brosis, silahkan klik video dibawah ini untuk melihat detail cara perbaikannya dalam bentuk video, jangan lupa subscribe ya agar kami bisa berkembang.



Matur Suwun
Semoga bermanfaat, Salam Sukses
Selamat Jalan-Jalan.

No comments:

Post a comment

Tinggalkan komentar brosis