Tuesday, 2 February 2021

Indikator Kondisi Pengisian Baterai pada motor menyala ? Jangan khawatir ini penjelasannya.

 

Selamat Pagi Teman2

                Ceritanya Beberapa hari yang lalu saya dapat DM dari salah satu teman follower di instagram. Lewat DM nya dia ini dia bercerita tentang motor barunya yaitu All New Honda Scoopy, motor ini baru dibeli sekitar satu bulanan dan dipakai secara normal. Hahaha cie motor baru. Nah kemudaian bercerita bahwa ada yang aneh dengan spedometer di Honda Scoopynya ini, dimana indikator aki atau batrai ini nyala terus saat dipakai untuk jalan. Sudah dibawa ke bengkel dan lucunya saat dibengkel dia Normal temen2. hahaha 

 

 


                Sebenernya kalau untuk urusan troubleshot pada kelistrikan apalagi mesin seperti ini saya harus mengakui bahwa saya sendiri juga amatir dan harus banyak belajar. Basic perbengkelan juga Nol karena saya hanya suka pada motor2nya tapi tidak untuk memperbaiki. Haha .. . . Tapi bagamanapun selagi saya bisa saya akan mencoba cari jawabannya dan semoga bisa membantu.

                Pada kasus ini Indikator baterai atau aki ini berfungsi untuk memberika kita informasi tentang bagaimana kondisi aki pada  motor kita teman2. Informasi ini disampaikan lewat Lampu indikator yang terletak pada spedometer. Nah kriteria Lampu Indikator bisa nyala kalau saya baca dari artikel hondacommunity.net kurang lebih seperti ini.

  • ·         Tegangan baterai diatas 11.4 indikator OFF ACG Starter berfungsi Normal

  • ·         Tegangan baterai dibawah 11,4 indikator ON ACG Starter masih berfungsi normal. Tetapi selama mesin nyala dan aki melakukan pengisian indikator akan tetap Nyala, baru setelah kontak OFF kemudian dinyalakan lagi baru Indikator Mati

  • ·         Tegangan baterai kurang 10,3 indikator ON dan ACG tidak bisa berfungsi dan segeralah ke bengkel untuk cek Aki.

Nah jadi jelas ya kriteria Indikator baterai menyala seperti diatas. Jadi bisa saja setelah lama tidak terpakai aki motor akan sedikit turun tegangannya dan menyebabkan Indikator menyala, saat kalian pakai untuk berkendara Aki melakukan pengisian dan kembali normal indikator pun juga kembali normal. Nah mungkin ini yg diceritakan di DM sampai dibenkel Spedometernya jadi Normal. Hehe . . .

 

Terima Kasih

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a comment

Tinggalkan komentar brosis