Saturday, 21 October 2017

Pecel Pincuk Bu Intan Pasar Bagor Nganjuk, Sederhana dengan rasa Istimewa



Selamat pagi brosis,
Salam Adventure

        Pecel ? Apa itu pecel ? Dari mana asal pecel? Kalau menurut https://id.wikipedia.org/wiki/ adalah Pecel (beberapa daerah melafalkannya "pecal") adalah makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Asal kata dan daerah pecel belum diketahui secara pasti, tetapi dalam bahasa Jawa, pecel dapat diartikan sebagai 'tumbuk' atau 'dihancurkan dengan cara ditumbuk'. Makanan ini populer terutama di wilayah Jawa Tengah (termasuk Yogyakarta) dan Jawa Timur.


        Pecel berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, karena bumbu sambal kacang yang digunakan dalam campuran pecel mirip dengan yang digunakan sebagai bumbu sate Ponorogo. Makanan ini juga mirip dengan gado-gado yang dibedakan dengan campuran bahan dan tekstur bumbunya. Pecel mulai dikenal di luar ponorogo karena dibawa oleh warok ponorogo pada zaman hindia belanda yang merantau di berbagai wilayah di Indonesia, terutama di Jawa Timur sehingga terdapat tekstur pecel yang baru seperti Pical di Sumatera.

         Pecel juga dapat ditemukan di Malaysia, Filipina, Thailand dan Suriname yang dibawa oleh masyarakat Ponorogo, namun pecel di luar Indonesia ini memiliki rasa yang berbeda dengan rasa pecel yang ada di Indonesia, hal itu karena kacang yang digunakan berbeda.




            Terlepas dari mana asal sebenarnya Pecel dan seperti apa sejarahnya dahulu, Pecel kini sudah menjelma menjadi makanan yang merakyat dan diburu para penikmat kuliner dengan variasi-variasinya yang berbeda-beda disetiap daerah brosis. Ada pecel tumpang, Pecel Pincuk, Pecel Godong Jati, Pecel Kepleh dan masih banyak lagi. Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang pecel Nganjuk brosis. Karena memang sekarang tempat kerja berada di Jombang otomatis kalau pulang ke Ponorogo pasti lewat Nganjuk ya masa iya lewat Surabaya. Haha . . . 





        Pecel Pincuk Bu Intan Pasar Bagor Nganjuk adalah salah satu tempat atau warung Nasi Pecel yang terkenal di Nganjuk Brosis, disini tersedia pecel pincuk dengan sambel khas Nganjuk yang pas pedasnya dan juga beraneka ragam lauk yang berjejer rapi siap brosis santap. Nasi Panas disajikan dengan Pincuk daun Pisang diatasnya sayur lengkap dengan kecambah kemudian di siram dengan sambel kacang, tak ketinggalan orek tempe, serundeng dan peyek menemani disebelah-sebelahnya. Untuk lauk brosis bisa memilih sendiri di depan penjualnya ada tahu tempe, ayam, aneka sundukan dll.




          Pecel Pincuk Bu Intan Nganjuk Berada di pasar Bagor Nganjuk Brosis, kalo brosis dari arah Surabaya ketika memasuki pasar bagor jalan pelan-pelan tengok kanan ya brosis, Warung Pecel Pincuk Bu Intan berada di kanan jalan. Seporsi Nasi pecel di jual dengan Harga Rp. 6000 selain pecel di Warung Bu Intan Juga menyediakan berbagai jenis masakan seperti Rawon, soto dll.
Selamat mencoba brosis !  

Semoga bermanfaat
Selamat Jalan- jalan

No comments:

Post a comment

Tinggalkan komentar brosis