Sunday, 10 July 2016

Tiwul Manis Pak Lambang, Oleh-oleh dari Gunung Kidul selain Walang Goreng

Selamat malam brosis,
Salam Adventure
Tiwul dek, Wonogiri
Nadyan gingsul, soyo tambah merak ati
Tiwul dek, Wonogiri
Wong wis kumpul, malah ora iso dadi (yang di PHP jangan Baper :D :D )
                
               Lirik lagu campursari ciptaan Mulyadi berjudul Tiwul Wonogiri ini bikin saya bingung brosis sebelum menulis artikel ini :D . Pasalnya saya mau bercerita tentang Tiwul yang saya beli sebagai oleh-oleh dari Gunung Kidul tapi lagu ini bilang Tiwul Wonogiri :D .Tiwul adalah salah satu makanan pokok pengganti nasi beras yang terbuat dari gaplek ketela pohon brosis.

               Di Gunung Kidul sendiri Tiwul sudah menjadi makanan khas dan oleh-oleh yang banyak diburu oleh wisatawan untuk dibawa pulang. Seiring perkembangan jaman Tiwul yang dulunya hanya dimakan bersama sambal orek dan ikan asin, di Gunung Kidul khususnya Tiwul sudah bermetamorfosis menjadi berbagai macam varian baik rasa maupun bentuk, seperti Tiwul manis dengan berbagai varian rasa, Tiwul instan, Gathot instan dll.





               Salah satu tempat  mencari oleh-oleh di Gunung Kidul yang menjual Tiwul dan yang saya datangi adalah “Tiwul Manis Pak Lambang” yang teretak di Jalan Baron Km. 4. Letak tokonya di pinggir jalan raya mudah dijangkau brosis terutama bagi brosis yang dari arah atau mau kearah pantai. Ditempat ini menyediakan berbagai oleh-oleh khas Gunung Kidul seperti Tiwul dengan berbagai Toping varian rasa, Walang Goreng, Tiwul instan, Rambut nenek dan masih banyak lainnya.

 

Khusus untuk Tiwul Manis di tempat pak lambang ini tidak menggunakan pengawet brosis, jadi begitu anda datang kemudian memilih varian rasa barulah pesanan anda di buatkan dan harus menunggu sekitar 15menit. Jadi Tiwul manis dengan berbagai toping tadi masih hangat dan hanya tahan sekitar 24jam ya. :D jadi kalo brosis perjalanan jauh dan gak punya kulkas dimobil mending beli Tiwul instan saja :D . Satu porsi Tiwul Manis Hangat dijual dengan kisaran harga Rp. 15.000 tergantung toping yang di inginkan.

Rasa dari Tiwul Manis ini ternyata beda dari Tiwul yang biasanya saya makan biasanya brosis, :D kalau tiwul biasanya cenderung agak asin atau bahkan hambar. Tiwul yang satu ini memiliki rasa manis dengan tekstur lebih pulen. Aneka toping diatasnya juga menambah kenikmatan rasanya, saya sih paling suka Tiwul Manis dengan Toping Keju :D :D .

Monggo brosis silahkan dicoba nikmatnya Tiwul wonogiri eh Gunung Kidul :D jangan lupa ditemani secangkir kopi  

Semoga bermanfaat, Salam Sukses
Selamat Jalan- jalan

No comments:

Post a comment

Tinggalkan komentar brosis