Friday, 25 December 2015

Gunung Kidul Handayani Part 1 “Perjalanan Ponorogo - Wonosari Gunung Kidul via Pracimantoro”



Selamat malam brosis,
Salam Adventure
           Akhir pekan ada tanggal merah double bagi saya alhamdulilah banget brosis, maklum lah jarang – jarang isinya tiap hari rutinitas kerja ikut orang :D :D :D . Sekarang pakgetmedia.com agak susah kalo liburan gak pas tanggal merah brosis, maklum lah ibu Negara sekarang sudah kerja jadi harus di pas-pasin kalo mau liburan atau ambil cuti beda sama dulu waktu masih do’I masih kuliah. :D . Soalnya gak enak juga kalau Touring sendirian brosis, gak ada navigator handal yang baca GPS dan nemani makan. Nyam nyam nyam . . .



        Okey Liburan kali ini kami berniat melakukan perjalanan ke Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Sebuah kabupaten di selatan Yogya yang akhir2 ini lagi boming menjadi icon wisata baru di Yogya. Setelah melihat Jalur di GPS Hp kami memutuskan untuk ke Gunung Kidul lewat Jalur Pracimantoro. Mungkin ini memang bukan jalur favorit atau banyak di ketahui para traveller karena jalur yang sering di lalui untuk ke Gunung Kidul adalah via Yogyakarta-Prambanan atau Sukoharjo/Solo-Klaten tapi justru itu menjadi tantangan dan kesenangan tersendiri brosis. :D :D 

EngineON jam 5 pagi kami berangkat memangkai Honda CB150R Full Box kayak mau jualan pentol. Hahaha . . .

           Perjalanan di mulai dari Ponorogo kemudian Purwantoro menuju Wonogiri, setelah sampai kota Wonogiri setelah jembatan ambil kiri kearah Yogyakarta ambil arah Pracimantoro ikuti saja petunjuk arah atau GPSmu brosis, Hati-hati di dalam kota Wonogiri banyak jalur se arah jangan sampai di semprit pak POLISI ya. :D :D ikuti jalan Wonogiri-Pracimantoro melewati waduk Gajah Mungkur sekitar 1 jam sampai lah di perempatan di foto dibawah ini.



            Diperempatan ini ambil kanan Pracimantoro – Wonosari (Wonosari adalah pusat kota Gunung Kidul) kalo Kiri Kelihatannya ini jalur ke Pacitan via Jalur Lintas Selatan brosis. Sepanjang jalan ini didominasi Hutan Jati dan pohon mete dengan udaranya yang sejuk memang ini Jalur provinsi tetapi tidak ramai bahkan cenderung sepi jadi Jalanan sempit dan beberapa KM ada yang bergelombang. 




        Karena Jalan yang sepi dan pemukiman yang jarang kami sarankan agar tidak melewatinya pada Malam hari takutnya kalau ada trouble pada motor atau hal-hal yang tidak di inginkan brosis. Disepanjang jalan nanti juga ada petunjuk arah ke Pantai di pracimantoro juga ada museum karst.

 Setelah kurang lebih 1jam perjalanan akan ketemu perempatan di bawah ini.



       Ini berarti brosis sudah memasuki kawasan Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta sebelum perempatan ini banyak ditemui penjual Belalang Goreng Khas Gunung Kidul. Diperempatan ini juga sudah ada jelas petunjung arah kawasan wisata di Gunung Kidul Jadi Monggo pengen kemana?? Goa Pindul atau Pantai tinggal pilih. :D :D
       Kali ini kami memutuskan untuk berwisata Ke Kawasan Pantai Brosis jadi kami belok kiri, setelah kurang lebih 30km kita akan ketemu pertigaan seperti di foto

 Karena sudah banyak yang ke kawasan pantai Indrayanti kami memutuskan untuk ke kawasan pantai Baron saja brosis, dan sampailah di Loket Pembelian tiketnya. 



         Strategi Marketing Pemerintah Gunung Kidul menurut saya sangat Cerdas Brosis, dimana kita cukup hanya membeli 1 tiket untuk mendapatkan 1 kawasan pantai, Contoh 1 tiket yang saya beli dengan harga Rp. 10.000 per orang kita sudah bisa masuk ke  Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, PulangSawal, dan Poktunggal akuuehh pora?? :D :D .Menurut saya selain Hemat dan mudah bagi pengunjung karena tidak perlu bolak balik beli tiket. System seperti ini juga mengurangi kecurangan penjualan tiket yang berdampak ke pemasukan daerah, ya walaupun saya bayar 2 tiket tapi Cuma dikasi 1 lembar tiket. Hahahaha *mungkin bapaknya lupa :D .
Untuk Review Pantai dan Jajan Khas Gunung Kidul klik link bawah ya :
Semoga bermanfaat, Salam Sukses
Selamat Jalan- jalan

5 comments:

  1. Wah keren artikel riding report nya jadi kepengen ke gunung Kidul ��

    ReplyDelete
  2. Masih belajar mas,hehe
    Terima kasih mas
    Monggo ke Gunung Kidul

    ReplyDelete
  3. Mas brow.. kondisi jalan wonogiri kearah wonosari bagus nggeh.. besok kami pengin otw sana dari madiun ponorogo wonogiri gunungkidul..

    ReplyDelete
  4. Mas brow.. kondisi jalan wonogiri kearah wonosari bagus nggeh.. besok kami pengin otw sana dari madiun ponorogo wonogiri gunungkidul..

    ReplyDelete
  5. Lumayan bagus mas, dan juga relatif sepi. Monggo dicoba rutenya. Selamat jalan jalan. Hehe

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar brosis