Monday, 13 July 2015

Berkendara dengan aman Mudik bermotor jadi menyenangkan


Selamat pagi brosis,
Salam Adventure

          Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi tiba brosis :D sudah beli baju baru apa belum ya?. Kegembiraan menyambut Lebaran di kampong halaman bersama keluarga setelah beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun di perantauan merupakan yang moment sangat ditunggu sebagian besar masyakat Indonesia.

            Mudik menjadi sebuah tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang mencari nafkah di kota-kota besar. Berbagai alat transportasi digunakan para pemudik untuk pulang ke kampong halaman,mulai dari mobil, angkutan umum, sampai roda dua. Roda dua banyak dipilih masyarakat karena di nilai praktis, ekonomis, dan sekaligus bisa menjadi alat trasnportasi silaturahmi dikampung nantinya. Mudik menggunakan motor memang praktis tapi juga beresiko brosis, perhatikan hal-hal berikut agar mudik brosis nyaman dan aman :

1.       Persiapkan kendaraan

Servis dan cek kondisi kendaraan menjadi sebuah keharusan agar mudik kita lancar brosis. Disarankan agar motor di servis dan di cek semua partnya seperti rantai set, kelistrikan, kabel kopling, kabel gas, perangkat pengereman dll. Gantilah part-part yang sekiranya mendekati akhir masa jabatan :D . Hal ini dilakukan untuk meminimalkan trouble dijalan saat kita lagi mudik brosis.


2.       Rute berkendara
Ramainya arus lalu-lintas saat mudik membuat kita harus selalu memahami Rute yang akan kita lewati brosis, dan brosis juga harus siap dengan jalur-jalur alternative. Karena biasanya arus mudik yg sangat ramai untuk menghindari kemacetan bapak-bapak polisi akan mengarahkan melewati jalur-jalur alternative

3.       Barang bawaan
Sepeda motor memiliki keunggulan juga keterbatasan brosis. Salah satunya sepeda motor tidak dapat mengangkut banyak barang layaknya mobil. Hal ini menuntut kita mengatur dengan baik mana barang bawaan yang harus dibawa. Jangan memaksakan membawa barang terlalu banyak dibelakang kendaraan, selain berbahaya dan membuat motor tidak seimbang. Ini akan membuat pembonceng anda kelelahan. 

4.       Jenis Motor
Jenis dan type motor yang kita miliki memang sebuah pilihan dari kesenangan kita. Tapi untuk mudik tidak semua type motor bisa kita gunakan dengan nyaman saat berkendara. Sebisa mungkin gunakan motor dengan type Matic, Bebek, atau Sport Naked, motor ini baik di gunakan untuk mudik dengan keluarga karena ruang untuk menaruh barang lebih luas (selain Sport). Selain itu pembonceng juga lebih nyaman posisi duduknya dari pada motor sport fairing. 

5.       Manajemen waktu
Pulang kampung menggunakan sepeda motor bukan perkara yang mudah brosis. Berbeda saat kita naik angkutan umum tinggal naik, bayar, duduk dan nunggu sampai tujuan. Saat kita memilih untuk mudik menggunakan motor kita harus memanajemen waktu dengan baik. Keberangkatan, estimasi dijalan, dan waktu istirahat. Hal ini penting agar kondisi badan tidak kelelahan atau bahkan jatuh sakit saat lebaran :D .Usahakan berangkat pagi hari brosis, beberapa keuntungan berangkat pagi pernah saya ulas disini brosis. :D :D . Cari tempat istirahat yang nyaman dan jangan memaksakan jika memang badan sudah lelah brosis. 

6.       Jumlah pembonceng
Ingat brosis motor bukan mobil ya :D motor tidak pernah seimbang. Peraturannya motor hanya di peruntukan untuk 2 orang, Akan tetapi di lapangan sering kali kita jumpai para pemudik membawa serta anak dan istrinya. Kalau 3 orang mungkin masih bisa di torelir ya brosis,akan tetapi kalau 4 atau bahkan 5 orang ini membahayakan keluarga anda brosis. Jadi utamakan keselamatan keluarga, kalau jumlah keluarga lebih dari 3 orang, bawalah keluarga anda menggunakan kendaraan umum agar lebih aman dan nyaman.

7.       Safety Gear
Gunakan perlengkapan berkendara secara lengkap untuk keamanan kita sendiri brosis. Pakai helm standart SNI, Sarung tangan, Masker, Jaket windproof, dekker lutut dan siku. Keamanan diri kita adalah yang utama.

8.       Tool Kit
Tool Kit sederhana sangat membantu ketika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Maka dari itu bawa selalu tool kit seperti obeng, kunci pas dll.

               Last silaturahmi dan berkumpul bersama keluarga dikampung halaman saat Lebaran memang sebuah moment yang special brosis. Jadi utamakan keselamatan saat berkendara di jalan raya ya brosis, Fokus dan jangan terburu-buru keluarga menanti dirumah . 

Selamat mudik ya brosis, salam buat keluarga dirumah :D

Sekalian aja :D ya pakgetmedia.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H “Mohon maaf Lahir Batin”



Semoga bermanfaat, Salam Sukses
Selamat Jalan- jalan


 

No comments:

Post a comment

Tinggalkan komentar brosis