Thursday 7 January 2016

Indahnya Golden Sunrise Bukit SiKunir dan Telaga Warna, harus Pulang Tapi ingin Kembali !!!



Selamat pagi brosis,
Salam Adventure

           Setelah Tiba di dataran tinggi dieng dan membayar restribusi, kita ternyata juga mendapatkan satu lembar peta tempat wisata di kawasan dieng ini brosis, wedian buanyak ternyata sampek bingung?? :D Beberapa tempat wisata yang ada di dataran tinggi dieng ini adalah : Telaga Menjer, Pendakian Gunung Prau, Mata Air Serayu, Komplek candi Arjuna dan Candi Bima, Kawah sikandang, Telaga Warna dan Tentunya Bukit Si Kunir. 


         


       
             Idealnya memang kalau berwisata ke kawasan Dataran tinggi Dieng Harus Menginap brosis, agar kita bisa santai merasakan keindahanya dan bisa mengunjungi semua obyek wisata disini. Home Stay dan Hotel sudah banyak tersedia tempat ini brosis, bila anda membutuhkan pemandu wisata untuk menemani wisata anda disini pun juga sudah banyak.   

            Okey kembali ke judul yah, karena keterbatasan waktu siang hari harus gass pulang ke Ponorogo dan esok hari kembali ke rutinitas. Kami memutuskan untuk mendatangi 2 tempat wisata saja yaitu Bukit Sikunir dan Telaga Warna.
  

Bukit Sikunir

          Bukit Sikunir yang terletak di desa sembungan di ketinggian 2350MDPL merupakan desa tertinggi di pulai jawa. Panorama Matahari Terbit yang dikenal dengan Nama Golden Sunrice of Java dengan latar belakang Jernihnya Langit Dieng dan Gunung Sindoro sangat sayang kalo kita lewatkan brosis.


 



Perjalanan ke bukit ini sangat mudah, Kendaraan baik roda 4 atau 2 bisa sampai parkiran yang letaknya di bawah bukit, dari parkiran ini kita mendaki bukit sekitar 15 menit menuju puncak bukit brosis. Sedikit Tips berangkat lah lebih pagi agar anda bisa menikmati sunrise paling depan, karena pengunjung sangat banyak.DiHalaman parkiran juga ada jasa penyewaan tenda bagi brosis yang ingin camping, tetapi tidak boleh camping di puncak bukit si kunir lho.


Lanjut ke wisata selanjutnya ya :D


Telaga Warna

Telaga warna ini terbentuk karena Letusan Gunung Purba Dieng ratusan tahun yang lalu, Zat asam atau kandungan didalam tanah yang terkena papran sinar matahari membuat air telaga ini berubah warna “itu penjelasan ibu Negara brosis, maaf kalau salah” :D . Keindahan telaga warna memang tidak bisa dilukiskan brosis, Saran kami datang ke telaga ini pagi hari karena belum banyak pengunjung dan udara masih sangat sejuk. Duduklah dipinggir telaga dan Nikmati kenyamanannya.




       Rasanya ingin sekali berlama lama di Dieng, menikmati semua keindahan alamnya. Selain banyak obyek wisata akses menuju lokasi wisata disini cukup baik, jalan semua sudah diaspal walaupun di beberapa titik ada yang rusak kena gerusan air,dan fasilitas yang memadai untuk wisatawan mulai dari Home stay, Tour guide, ATM, minimarket semua tersedia brosis.


         Karena tuntutan rutinitas esok harinya akhirnya kami meninggalkan deing untuk pulang ke Ponorogo sekitar Pukul 10.00 WIB. Karena pengalaman semalam kejauhan kali ini kami memutuskan untuk pulang lewat jalur Wonosobo-Magelang-Jojga-Solo-Tawangmangu-Magetan-Ponorogo. Sampai di Magelang istirahat di POM dan gak sengaja membaca peta di papan, ada jalur Magelang-Boyolali lewat dataran tinggi kekep.



              Dalam pikiran saya dari pada muter jogja akan lebih dekat jalur ini. Dan akhirnya kami melewari Jalur Magelang-Boyolali-Solo ini. Tapi kami tidak menyarankan lewat Jalur ini brosis apa lagi malam hari walaupun lebih dekat kalau mau ke arah Solo. Karena ternyata ini jalur taman nasional Merapi atau Lereng Merapi. Jalannya Menembus Hutan dan merupakan jalur Tambang Pasir Merapi. Jadi sudah barang tentu jalannya banyak yang rusak dan berlubang karena muatan truk yang berat. Tetapi bagi pecinta Adventure atau jalanan Off road wajib coba. Pemandangan sisi Jalan dan dataran tinggi kekep juga mempesona brosis. :D :D

Dieng Plateau Keindahan dan Kenyamanannya membuat kami pasti kembali suatu saat :D.


Jalan-jalan dan Travelling memang hoby yang menyenangkan dan tidak mesti identik mahal brosis, karna Tidur di Pom bensin atau Masjid pun sangat nyaman. hehehe curhat :D :D
Pengen tau brosis Makanan dan Jajanan Khas Dieng Wonosobo? Klik aja link di bawah :
Mie Ongklok Wonosobo
Oleh-oleh khas Dieng
 
Semoga bermanfaat, Salam Sukses
Selamat Jalan- jalan
 

2 comments:

  1. Wah keren nih Mas ... saya bbrp kali ke Sikunir gak dapat sunrise yang bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aja kejar2n sama waktu mas bro, kalo ke siangan kagak dapat tempat yg pas.hehe

      Delete

Tinggalkan komentar brosis